Hasil Test Stress Perbankan ECB Di atas Ekspektasi, Euro Menguat



Euro memulai penguatan pagi ini terhadap Dolar AS setelah open di 1.2677 dan naik hingga berita ini dirilis ke level 1.2715. Penguatan ini setelah dirilisnya hasil Test Stress Perbankan ECB yang menampilkan hasil bahwa kesehatan finansial bank-bank di Zona Euro ternyata lebih baik daripada ekspektasi.

Secara garis besar, hanya satu dari lima bank kreditor kawakan di Zona Euro yang gagal dalam cek kesehatan finansial perbankan yang telah digelar sejak akhir tahun lalu ini. Selebihnya, menurut ECB, bank-bank telah melakukan persiapan yang matang sebelum test stress.

Yang paling menggembirakan dari hasil tes ini menurut ECB adalah masalah-masalah terbesar di Italia, Siprus, dan Yunani mulai tertangani. Kebocoran modal mulai tertutupi dan kini kurang 10 miliar Euro saja. Sayangnya, Italia tak bisa menyempurnakan nilainya akibat masih ada sembilan bank yang mengalami kegagalan dan dua bank masih membutuhkan tambahan dana.

Diprediksi bila Eurusd menembus level 1.2730-1.2740, maka diprediksi Eurusd akan naik menuju level 1.2800 hingga level 1.2850 jika menembus level 1.2800.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar